share

Tatang Teh Tong Tji

Gambar Mempunyai Hak Cipta

Siapa sangka Tong Tji bisa bertahan sampai 80 tahun hingga sekarang. Sebuah perusahaan teh kecil dari wilayah Tegal, yang awalnya tidak diperhitungkan kompetitor sama sekali. Sebuah perusahaan kecil milik keluarga yang dikelola dengan cara kekeluargaan. Besarnya Tong Tji hingga sekarang berkat kegigihan seorang Tatang Budiono, generasi kedua dari Tong Tji.

Meninggalnya Tan See Giam, pendiri Tong Tji, ayah dari Tatang Budiono, mengubah jalan hidupnya secara drastis. Terpaksa meninggalkan kuliah dan melanjutkan perusahaan teh. Tatang adalah anak kedua dari Tan See Giam, yang pada masa itu semua anaknya sedang berada di bangku kuliah. Tatang merasa tidak mungkin membebankan perusahaan kepada saudaranya. Saudara tertua sudah akan selesai, sedangkan adiknya masih di bangku kuliah. Akhirnya Tatang memilih untuk berhenti kuliah dan melanjutkan perusahaan.

Rasa kekeluargaan dan perasaan memiliki membuat Tatang tidak tega jika perusahaan yang dibangun ayahnya harus berhenti begitu saja. Filosofi teh untuk persahabatan sangat melekat pada Tatang. Dia memikirkan jika perusahaan harus berhenti, maka karyawan Tong Tji akan pengangguran. Perasaan memiliki yang kuat dan tanggung jawab terhadap keluarga membuat Tatang menjalankan perusahaan mulai dari bawah.

Tatang benar-benar memulai semua dari bawah, mulai dari menawarkan teh secara langsung pada konsumen, mengatur produksi bahkan sampai menimbang dan mengemas dikerjakannya langsung dengan bantuan karyawan.

Pemikiran Tatang yang maju dan terbuka terhadap peluang membuat Tong Tji mempunyai cara pemasaran berbeda dengan kompetitor. Ketika kompetitor memasarkan dengan sistem keagenan, maka Tatang memasarkan Tong Tji langsung ke konsumen. Memang membutuhkan banyak waktu dan biaya, tetapi cara ini efektif sehingga konsumen yang ngeteh bisa langsung tahu bagaimana kualitas the Tong Tji.

Selain di cara pemasaran, Tatang juga menerapkan mindset bahwa Tong Tji adalah teh berkualitas. Jadi tidak ada harga tinggi, yang ada adalah kualitas yang bagus. Ketika kompetitor memberikan teh gratis, sebaliknya Tong Tji justru tidak melakukan hal tersebut. Tatang menyentuh gengsi para penikmat teh dengan mengatakan bahwa teh yang nikmat tidak didapatkan dengan cara gratis melainkan dengan harga yang sesuai. Meski awalnya diragukan oleh tim Tong Tji sendiri, namun cara ini berhasil membranding bahta Tong Tji adalah teh adalah yang berkualitas dan nikmat.

Selain itu, dari sisi produk Tong Tji berusaha membuat inovasi dibanding dengan kompetitor dengan membuat the dalam kemasan. Lagi-lagi Tong Tji membranding bahwa minum the bukan sekadar nikmat namun juga dari segi kesehatan dan kebersihan. Sehingga slogan Tong Tji the yang nikmat dan bersih masuk ke benak pelaggan. Tatang menerapkan untuk the dalam kemasan, tidak boleh menggunakan gelas bekas. Jadi gelas yang sudah dipakai tidak akan digunakan kembali. Dari segi biaya produksi tentu akan membutuhkan biaya yang tinggi, namun disinilah Tatang menerapkan bahwa kesehatan dan kebersihan Tong Tji sebanding dengan harga.

Berbeda dengan cara pemasaran perusahaan lain yang bermain di harga, Tong Tji justru dengan berani bermain di harga tinggi dengan kualitas yang tinggi. Tong Tji yang dibranding adalah simbol persahabatan dan keakraban, maka Tatang lagi-lagi lebih mengutamakan kesejahteraan karyawan dan timnya.

Inovasi Tong Tji seolah tiada batas, ketika teh hanya digunakan sebagai produk satu-satunya oleh kompetitor, maka Tatang membuat Tea Bar dan kemudian Tea House untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Budaya berkumpul dan minum teh bersama keluarga kembali dihadirkan dengan tea house. Dengan the berkualitas dan cemilan ala Indonesia, maka tea house mulai menyebar di Indonesia khususnya pulau Jawa dan Sumatera.

Apakah inovasi Tong Tji telah usai? Tentu tidak. Dengan tangan generasi muda oleh anak-anak Tatang, Tong Tji seolah dipoles kembali lebih modern dan milenial. Ketika anggapan generasi ketiga adalah generasi yang biasa menghancurkan bisnis, maka Tatang menerapkan prinsip ke anak-anaknya bahwa Tong Tji adalah generasi pertama di tangan mereka.

Branding bahawa Tong Tji adalah teh berkualitas sudah sangat mengena di masyarakat. Ketika mencari teh yang bagus dan khusus disajikan kepada tamu, maka Tong Tji adalah pilihan yang tepat karena kualitas yang selalu terjaga.

share
Cari Lagi