share

Jangan Mulai berbisnis Sebelum Tahu hal ini

Gambar Mempunyai Hak Cipta

 

Memilih berbisnis dengan harapan penghasilan yang lebih dari cukup membuat sebagian orang langsung terjun ke dunia bisnis tanpa paham terlebih dahulu. Berbisnis memang membutuhkan energi lebih dibandingkan dengan bekerja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis :

1. Pahami Produk Knowledge dari Bisnis yang Dijalankan

Memahami produk atau jasa yang kita jual wajib sebelum menawarkan produk atau jasa tersebut kepada orang lain. Selain itu, dengan pengetahuan yang cukup terhadap produk kita akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk tersebut. Akan sangat menggelikan katika pelanggan bertanya tentang produk yang dijual, sementara kita tidak mampu menjawabnya. Tentu hal ini akan membuat pelanggan berpikir untuk membeli produk kita.

2. Petakan Pasar yang Menjadi Target Bisnis

Menjual suatu produk tidak bisa dilakukan kepada semua orang. Walaupun ketika ditanya masih saja ada yang menjawab bisa dipakai semua orang. Seberapa penting memetakan pasar bisnis? Yang pertama, mustahil kita bisa menyenangkan semua orang. Dengan kata lain, dengan perbedaan ekonomi, pendidikan maupun lingkungan tempat tinggal akan membuat cara pikir dan daya beli yang beerbeda. Ketika harga produk, contohnya jibab seharga Rp.200.000 bagi sebagian orang itu bukan harga yang wajar. Tetapi bagi pelanggan yang menengah ke atas itu harga wajar asal sesuai kualitas. Jadi ketika masih yakin bisa menjual satu produk ke semua orang, percayalah sebenarnya kita tidak paham target pasar bisnis kita sendiri.

3. Tentukan Target Bisnis

Tidak bisa dipungkiri, berbisnis terkadang membuat kita stagnan atau kurang bergairah. Bisa saja karena penjualan yang menurun, tim yang amburadul atau produk rijek. Hal ini lah yang menyebabkan pentingnya menentukan target bisnis. Dengan target bisnis, kita akan tetap semangat atau setidaknya berusaha terus untuk target yang ingin dicapai. Target bisnis bisa menjadi pemacu semangat paling efektif dalam menjalankan bisnis.

4. Rekrut Tim Bisnis   

Berbisnis bukanlah gaya-gayaan yang keren jika dilakukan sendiri. Justru bisnis adalah berbagi kebermanfaatan. Untuk mencapai target yang diinginkan, mustahil kita mencapainya secara terus menerus tanpa adanya tim. Tim merupakan perpanjangan tangan kita dalam menjalankan bisnis.

Bisnis yang baik sebenarnya bukan bisnis yang dijalankan sendirian melainkan bisnis yang mempunyai tim yang handal dan solid. Bisnis bisa berjalan sendiri dengan adanya tim sehingga kita sebagai pemilik bisnis lebih fokus kepada pengembangan dengan menyerahkan urusan teknis kepada tim.

Berbisnis juga melatih kepemimpinan dalam diri kita. Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang berhasil mencetak para pemimpin hebat.

Bagaiamana? Makin mantap untuk memulai bisnis?

#ODOP_6

#Nonfiksi

#Artikeltips

#perempuandigital

 

share
Cari Lagi