share

Tips Karyawan Loyal

Gambar Mempunyai Hak Cipta

Selamat ulang tahun....
Secara bersamaan saya dan tim lain meneriakkan kata itu ke salah satu tim saya yang lagi berulang tahun. Sebenarnya ucapan dari saya sudah sangat telat, tapi untuk menghargai tim saya tetap memberikan suprise ke dia.


Ada beberapa hal yang sering saya lakukan agar tim nyaman dan loyal bekerja di perusahaan saya, diantaranya :


1.    Menempatkan Tim Sebagai Keluarga
Tim bagi saya adalah perpanjangan tangan saya dalam menjalankan bisnis. Dari awal saya selalu menekankan kepada tim bahwa mereka adalah keluarga saya. Ceritakan apa yang menjadi kendala mereka dan sebisanya saya berikan solusi.


2.    Memberikan Kepercayaan Kepada Tim
Kepercayaan itu biasanya paling susah diberikan oleh pemilik bisnis. Tetapi saya berusaha untuk memberikan kepercayaan penuh kepada tim saya. Mengapa saya bisa begitu percaya? Karena saya sudah membuat alur kerja atau SOP terlebih dahulu. Jadi memudahkan saya dalam melakukan kontrol kerja.


3.    Mengapresiasi Hasil Pekerjaan Tim
Setelah memberikan beban kerja kepada karyawan, kita mempunyai budaya untuk menghargai setiap hasil kerja dan mengapresiasinya. Jika memang masih ada yang kurang sesuai akan kita bicarakan tanpa menjatuhkan. Dengan budaya ini, kreatifitas tim justru meningkat dan mereka lebih suka untuk menambah pengetahuan mereka.


4.    Memberikan Reward Atas Pencapaian Tim
Bagi saya pribadi, sangat perlu untuk memberikan reward kepada tim yang telah berusaha menyelesaikan target. Dengan adanya reward, tim akan lebih berusaha keras untuk mencapai target yang kita berikan.


5.    Melakukan Evaluasi Terhadap Kinerja Tim
Walaupun SOP perusahaan sudah dijalankan, tetapi evaluasi selalu menjadi budaya kita. Bukan untuk menjatuhkan tetapi agar kita semua lebih baik kedepannya.

Pengalaman membuka bisnis membuat saya belajar mengelola tim, bagaimana tim nyaman bekerja, dan membuat mereka mencintai pekerjaannya. Selain beberapa hal diatas, kadang saya suka memberikan kejutan kecil kepada mereka sehingga mereka merasa dianggap ada. Contohnya, saya selalu menyediakan cemilan untuk mereka di kantor. Memang terkesan sepele tetapi sangat berefek positif terhadap aura kantor. Ketika tim nyaman otomatis rasa persatuan antar tim makin kuat dan rasa kekeluargaan serta perasaan memiliki bisnis itu bisa tercipta.
 

share
Cari Lagi