share

3 Mindset dalam Berbisnis

Gambar Mempunyai Hak Cipta


Ketika mendengar kata bisnis, banyak orang yang beranggapan keuntungan besar di depan mata, dapat transferan terua menerus. Padahal bisnis bukan sekadar nilai keuntungan yang di dapat tetapi kebermanfaatan yang diberikan. Apakah salah ketika berbisnis dan mengharapkan keuntungan? Tentu tidak, justru untuk hidup yang lebih baiklah makanya memilih untuk berbisnis.
Sebelum memikirkan jauh berapa keuntungan yang diinginkan, berapa target omset, alangkah lebih baiknya membenahi niat dalam berbisnis. Ya niat, ketika niat sudah lurus dalam memulai bisnis, pemikiran dalam berbisnis akan berubah.

Terkesan sepele, tapi mindset adalah dasar dalam memulai bisnis karena dunia bisnis adalah dunia ketidakpastian. Jadi pastikan mindsetnya sudah benar.


Mindset apa yang harus dimiliki dalam memulai bisnis?


-    Niatkan bisnis sebagai wasilah menuju Lillah. Ya, dalam memulai bisnis niatkan bisnis digunakan untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta.


-    Bisnis sebagai jalan membantu sesama, karena dengan berbisnis kita membuka lapangan pekerjaan.


-    Bisnis sebagai kegiatan dalam menunggu panggilanNya.


Seberapa penting mindset tersebut dimiliki seorang pebisnis dibanding hal teknis dalam membesarkan bisnis? Bisnis adalah dunia ketidakpastian, ketika mindset sudah terbentuk akan kauh lebih mudah menerima tantangan dalam berbisnis. Kok kesannya bisnis seram banget ya? Bukan seram tapi itulah realita dalam bisnis. 


Setiap bisnis akan menemui ujian masing-masing sesuai dengan kesanggupannya. Contoh, akan ada masa bagi produsen dimana produksi melimpah eh stok barang malah menumpuk. Di sisi lain, ada produsen yang banyak orderan eh barang yang jadi malah banyak reject. Emang ada? Banyak! Belum lagi reseler yang udah keep barang mendadak batal. Barang yang dikirim salah alamat, barang yang dikirim ke pelanggan salah warna. Kalau diterusi bakalan malas deh buat bisnis, serius mom.


Lantas apakah dalam berbisnis hanya akan ada masalah? Tentu tidak. Karena bisnis tetap akan menghasilkan asal pelaku bisnisnya paham apa yang harus dilakukan. Yang terpenting punya mindset yang bagus dalam memulai bisnis.

Ketika masalah diatas terjadi dan pelaku bisnis mempunyai mindset yang baik dari awal maka masalah tersebut akan dihadapi dengan senyum. Karena mereka yakin, bahwa tidak ada naik kelas tanpa naik kelas. Justru masik semangat membenahi diri agar lantas naik kelas.


Apakah bisnis kita sudah bisa naik kelas? Atau jangan-jangan inginnya naik kelas tapi tidak mau ada ujian. Mindset ini yang harus dibuang karena tidak mungkin bisnis akan bertumbuh tanpa ujian. Justru ketika mindset sudah benar, hal teknis akan mengikuti untuk menaikkan omset bisnis. Bukan berarti hal teknis masalah sepele, tapi ketika ikthiar dibarengi dengan tawakkal bukankah semua jalan akan lebih mudah terbuka? 


Jadi moms, sudah siapkan mindset yang benar yang dalam memulai bisnis?


#ODOPbatch6
#Nonfiksi

share
Cari Lagi