share

Selamat Datang di Era Kolaborasi

Gambar Mempunyai Hak Cipta


Cara berbisnis sekarang sudah sangat berbeda, dimana dulu ketika berbisnis terbiasa menjatuhkan pesaing. Sekarang dihadapkan dengan pilihan kolaborasi. Seberapa penting kolaborasi terhadap bisnis? Kolaborasi meningkatkan semangat bisnis antar pebisnis, tidak ada lagi rasa cemburu negatif. Bahkan ketika cemburu pun sudah kepada hal yang positif.


Ketika kolaborasi mampu meningkatkan angka penjualan yang disebabkan rekomendasi oleh sesama pebisnis, tentu bisnis kita akan mendapatkan kepercayaab lebih dari pelanggan. Ibarat film super hero keluaran marvel, ketika dahulu diagungkan masing-masing dengan film tunggalnya malah mendatangkan fans panatik tersendiri.


Tapi apa yang terjadi ketika Marvel membuat sekumpulan superhero bekerja sama dalam menegakkan keadilan bahkan ditayangkan dalam satu film. Maka Marvel mempunyai kumpulan fans yang fanatik dan berfokus pada semua karya marvel.


Ibarat bisnis, jika dulu menjadi spiderman atau ironman sendiri adalah hal yang paling membagakan, maka saat ini adalah kebanggaan saat menjadi anggota dari Avanger. Apa yang terjadi dengan avenger? Dengan memanfaatkan keunggulan masing-masing anggota, mereka mulai bekerja sama dalam mencapai satu tujuan.
Dalam dunia bisnis internal, menjadikan tim menjadi solid seperti avenger adalah tugas berat bagi seorang pebisnis. Ketika ego karyawan harus ditekan dengan namanya kelompok, maka bersiaplah bagi pemilik untum konflik awal internal. Yang senior akan merasa tidak dihargai, bahkan yang junior akan berpotensi besar kepala karena menganggap diperhatikan.


Dalam menggabungkan beberapa tim menjadi satu kesatuan, pemilik bisnis harus bisa memetakan kelebihan dan kekurangan dari setiap individu tim. Sebelum menggabungkan menjadi satu kelompok, terlebih lakukan pendekatan secara personal pada tiap individu. Sehingga rasa disisihkan atau pilih kasih pada tim tidak terjadi.


Terkesan sepele, tapi dalam kenyataannya akan banyak sekali konflik yang akan terjadi, jika memang konflik tetap terjadi dan anda harus memilih, disarankan untuk memangkas tim baru dengan catatan bahwa tim lama anda tetap berkualitas di bidangnya. Karena loyal dari tim lama sudah bisa anda lihat sedangkan untuk tim baru masih akan pwmbentukan loyal.


Terkesan sadis dan tega, tapi pada akhirnya bukankah bisnis harus tetap berjalan? Tentukan apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan dalam sistem bisnis anda.

#onedayonepost
#ODOP_6
 

share
Cari Lagi