share

Behind The Scene Pebisnis

Gambar Mempunyai Hak Cipta


Memiih menjadi pebisnis ataupun pengusaha harus siap dengan dinamika ketidakpastian. Dan harus siap dengan perubahan lingkungan. Menjadi pebisnis awal sering kali dipandang sebelah mata oleh pebisnis senior. Pun demikian, terkadang pebisnis awal juga merasa tidak percaya diri terhadap bisnis yang berefek pada ketidakkonsistenan harga jual terutama di bidang bisnis jasa.


Bagaimana menyikapi sikap pelanggan yang suka menawar dengan sadis? Berdasarkan pengalaman, ini beberapa tips yang bisa diterapkan.


1.    Kenali Target Market
Apapun jenis bisnisnya, target market mempunyai peranan utama. Jika salah menentukan target market, maka bisnis akan diam di tempat atau bahkan tutup. Sebagai contoh, bisnis bimbingan belajar khusus SD, apakah target marketnya adalah anak SD? Tentu tidak! Anak SD memang konsumen bimbel tapi target marketnya adalah orang tua siswa, karena yang mempunyai daya beli adalah orang tuanya.


2.    Percaya Diri dengan Bisnis
Terkesan sepele, tapi kepercayaan diri terhadap bisnis akan mengeluarkan aura positif yang memberikan efek kepercayaan pelanggan kepada pebisnis. Bagaimana cara agar percaya diri terhadap bisnis? Tingkatkan kualitas bisnis!


3.    Ketahui Kebutuhan Pelanggan
Pelanggan pada dasarnya tidak suka ditawarkan untuk membeli tapi sangat suka belanja. Jadi bagaimana agar pelanggan membeli jasa atau produk kita? Ketahui apa kebutuhan pelanggan dan berikan solusi terhadap kebutuhannya. Pelanggan akan senang hati membeli produk kita tanpa menawar atau membandingkan dengan produk lain. Karena pelanggan merasa kita peduli dan membantu pelanggan.


4.    Berikan After Service yang memuaskan
Poin ini yang sering diabaikan oleh pebisnis, sering kali ketika produk atau jasa telah terjual maka kita merasa telah selesai dengan pelanggan. Padahal hubungan sebenarnya baru saja dimulai. Tetaplah berikan after service terhadap pelanggan, karena silaturahmi akan membuka pintu rezeki. Bisa saja karena after service yang bagus, pelanggan merekomendasikan bisnis kita kepada teman atau kerabat yang lain.


Jadi masih suka galau sama bisnisnya kenapa nggak berkembang? Kenapa diremehkan? Mulai lah dari diri sendiri. Cintai dan bangga lah pada bisnis kita maka orang lain akan percaya berbisnis dengan kita.

#onedayonepost
#ODOP_6

share
Cari Lagi