share

Suka Duka Bisnis Jasa

Gambar Mempunyai Hak Cipta


Menceburkan diri ke bisnis sudah saya lakukan sejak kuliah di semester empat. Berawal dari bisnis jasa privat, sampai buka lembaga privat dan sekarang berbisnis di bidang pembuatan aplikasi. Sekilas orang menilai bisnis jasa itu enak karena modalnya relatif kecil tapi marginnya besar. Tapi di balik itu ada beberapa duka berbisnis jasa, diantaranya:


1.    Dinilai Sebelah Mata Oleh Pelanggan
Memulai berbisnis jasa harus kuat dengan penilaian pelanggan, kadang dinilai belum pantas, ikut campur dalam proses sampai diragukan kemampuannya. Tapi biasanya akan reda dengan jam terbang yang semakin tinggi. Jadi cukup fokus dan terus berbisnis.


2.    Sering Ditawar Tragis Oleh Pelanggan
Ini yang biasanya buat nyesak, ditawar tragis sambim berkata “ mahal banget sih? Kan Cuma buat hini doanh “. Kalau ketemu yang model gini, langsung deh saya bilang “ maaf bu, harga saya segitu, mungkin lain kali kita bisa kerjasama “. Bagi saya lebih baik tidak kerjasama daripada merusak harga yang sudah saya buat.


3.    Tidak Ada Putus Kontrak dengan Pelanggan
Di bisnis jasa, tidak sekedar barang laku, terima uang dan selesai. Di bisnis jasa justru sebaliknya. Setelah akad selesai justru kerjasama yang sebenarnya baru dimulai, karena dalam jasa after services merupakan poin paling penting.


4.    Harus Lebih Tahan Mental
Berbisnis jasa memang terkesan tidak mempunyai modal dan mendapat untung yang besar, tetapi berbisnis jasa lebih ke arah ketahanan mental. Berbisnis jasa sering kali kuantitasnya jarang. Jadi harus benar- benar bisa mengatur pengeluaran juga tentunya.


Jadi buat smart ladies yang ingin berbisnis jasa siapkan mental yang kuat serta managemen keuangan. Berbisnis jasa sering kali merusak mental kita ketika dihadapkan pada keadaan yang tidak sesuai. Contohnya, pelanggan sudah memesan dan setuju tetapi tiba-tiba membatalkan transaksi. Tentu hal ini akan membuat kita kecewa. Biasanya saya menyikapi hal seperti ini dengan membuat SOP, yaitu harus ada pembayaran diawal dan jika batal maka tidak dapat dikembalika.


Jadi smart ladies, sudah siap untuk berbisnis jasa?

#Komunitasonedayonepost

#ODOP_6
 

share
Cari Lagi