share

Seberapa Penting ERP Bagi Bisnis?

Gambar Mempunyai Hak Cipta

Sebagai pebisnis jasa pembuatan aplikasi, ERP ( Enterprice Resource Planning ) tentu bukan hal baru saya. Tetapi berbeda dengan pebisnis pemula, apalagi pebisnis online. Sering kali para pebisnis online menilai sebelah mata jika edukasi tentang sistem dilakukan. Berbagai alasan Biasanya timbul saat edukasi. Mulai dari rasa nyaman dengan barang terjual, merasa cukup dengan hasil promosi di sosmed, dan lain sebagainya.

 

Sebelum membahas lebih jauh hubungan antara pebisnis online dengan ERP, kenalan dulu sama ERP iti sendiri. ERP merupakan software yang berfungsi untuk mengelola dan menginteraksikan berbagai aktivitas operasional dalam bisnis. ERP biasa digunakan oleh perusahaan besar, tapi tidak menutup kemungkinan bisnis skala ukm juga bisa menggunakannya.

 

Fitur apa saja biasanya yabg tersedia dalam ERP itu sendiri ?


1.    Pengelolaan Kegiatan Harian Bisnis, seperti pengelolaan keuangan, pengadaan barang, produksi, proyek, SDM.


2.    Menghasilkan Informasi Real Time dan Akurat.


3.    Mencegah Duplikasi Data.

 

Biasanya fitur-fitur diatas digunakan oleh perusahaan skala besar, salah satunya fitur proyek. Walau demikian, ERP mempunyai fungsi yang sangat cocok diterapkan dalam bisnis ukm, yaitu :


1.    Mengoptimalkan Efisiensi ( Menyederhanakan Kegiatan Operasional )
Fungsi ini merupakan idaman para pebisnis terutama pebisnis online, dengan adanya ERP ini pemilik bisnis bisa mengontrol bisnis dengan cara yang sederhana dan akurat.


2.    Meningkatkan Kolaborasi
Ini berhubungan dengan beberapa divisi jika tersedia di bisnis ukm, contoh bagian produksi dengan bagian gudang tentu akan selalu berkomunikasi agar stok sinkron. ERP tentu akan membuat divisi tersebut bekerjasama dan berkolaborasi.


3.    Menghemat Biaya Operasional
ERP tentu akan menghemat biaya operasional bisnis kita. Ketika kita membutuhkan banyak karyawan untuk beberapa divisi yang sama, dengan adanya ERP tentu akan memudahkan kerja karyawan tanpa perlu adanya penambahan karyawan.


4.    Meningkatkan Keamanan Data
Fungsi ini merupakan idamana para pebisnis,. Tentu pebisnis manapun tidak ingin data perusahaannya bocor kemana-mana apalagi kompetitornya. Dengan adanya ERP kita dapat mengecilkan kemungkinan itu terjadi.


5.    Membuat Prakiraan Bisnis yang Akurat
Tentu dengan adanya ERP, kita dapat membuat rancangan bisnis yang akurat tanpa harus menunggu adanya kerugian bisnis terlebih dahulu.

Jadi jika ingin bisnis anda berkembang, tentu kita juga harus menyiapkan sistem yang kuat sebagai fondasi bisnis kita. Tentunya kita tidak ingin ketika pengembangan bisnis berjalan, bisnis kita malah tidak menghasilkan keuntungan. Jadi masih ada alasan untuk menunda pembuatan sistem bisnis anda? 

#Komunitasonedayonepost
#ODOP_6
 

share
Cari Lagi